Pertumbuhan dan Jenis-Jenis Rambut

rambut lurus
Rambut
Pertumbuhan dan Kesehatan Rambut

Pada beberapa orang pria dan wanita dewasa, seringkali terjadi kerontokan rambut yang dapat menyebabkan kebotakan. Lain halnya dengan apa yang terjadi pada anak-anak, pertumbuhan rambut mereka tampak begitu cepat. Tingkat pertumbuhan rambut ini telah didata oleh para peneliti rambut dunia dan bukti menunjukkan bahwa rambut kita tumbuh kurang lebih 1,5 cm per bulannya. Rambut tidak tumbuh dengan tingkat yang sama per harinya melainkan tampak seperti mengikuti irama tertentu.

Pada malam hari, rambut tumbuh lebih lambat dan sebaliknya pada siang hari rambut tumbuh lebih cepat. Tentu saja variasi kecepatan pertumbuhan ini sangatlah kecil sehingga kita sulit mengamatinya. Tidak semua orang memiliki jumlah rambut yang sama. Orang-orang berambut pirang cenderung memiliki rambut yang lebih lembut, tetapi lebih banyak (tebal) dari orang-orang berkulit hitam. Sementara orang-orang berambut merah memiliki rambut paling kasar dan paling sedikit (tipis).

Jenis-jenis Rambut Laki-laki dan Perempuan

Kulit terasa halus, tetapi di bawah mikroskop permukaan kulit tampak seperti bentangan pegunungan yang bergerigi dengan lubang-lubang besar sebagai tempat tumbuhnya rambutg. Lubang-lubang ini disebut folikel-folikel. Bentuk-bentuk dari folikel inilah menentukan jenis rambut yang tumbuh padanya.



1. Rambut lurus tumbuh dari folikel yang bulat
2. Rambut bergelombang dari folikel lonjong, dan
3. Rambut sangat keriting dari folikel pipih

Tekstur rambut sangat tergantung pada bentuk rambut, yang dapat dilihat irisannya di bawah mikroskop. Rambut lurus berbentuk bulat, sedangkan jenis rambut bergelombang dan keriting berbentuk pipih. Jumlah rambut yang terdapat di kepala kita tergantung pada warna rambut kita. Sebagian besar orang berambut pirang memiliki sekitar 140.000 rambut kepala, yang berambut merah sekita 90.000, dan yang berambut hitam atau cokelat memiliki sekitar 110 rambut kepala.

Sebagian besar folikel mengandung kelenjar minyak. Kelenjar ini mengeluarkan minyak ke dalam folikel. Minyak ini kemudian mengalir ke rambut, melumasinya dan menjaganya tetap halus.

uban
Uban

Uban sebagai Gejala Usia Lanjut

Kebanyakan rambut orang sedikit demi sedikit menjadi abu-abu lalu menjadi putih alias beruban. Ketika kita mulai menginjak usia lanjut (tua), karena pigmen melanin yang memberi warna pada rambut kita tidak lagi terbentuk. Jadi, mau tidak mau atau siap tidak siap, jika umur kita sudah uzur (kakek nenek) pasti rambut akan memutih. :(

Belum ada Komentar untuk "Pertumbuhan dan Jenis-Jenis Rambut"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel