Mengenal Jantung Manusia

jantung
Jantung.        sumber: wikipedia
Mengenal Jantung Manusia - Bagi yang begitu belum kenal dengan salah satu organ terpenting dalam tubuh kita ini, berikut akan dijelaskan. Jantung adalah organ berotot sebesar kepalan tangan yang memompa darah kesemua bagian tubuh kita. Sebenarnya jantung merupakan sepasang pompa yang dipadukan.

Pada bagian atas setiap sisi jantung terdapat ruang berdinding tipis yang disebut atrium. Dimana atrium ini berfungsi untuk menerima darah yang dikembalikan organ lain melalui pembuluh vena menuju ke jantung. Ketika atrium terisi, maka ia akan berkontraksi dan mendorong darah yang ada padanya ke dalam ruang-ruang yang lebih beroto, yang biasa dikenal dengan kamar jantung.

Kamar jantung berkontraksi dan mendorong darah dengan tekanan yang sangat tinggi di sepanjang arteri dan mengalir dalam paru-paru atau organ tubuh lainnya. Sebuah sistem katup satu arah menahan darah agar tidak langsung berbalik ke jantung. Pada sisi bagi kiri jantung memompa darah ke paru-paru guna mengumpulkan lebih banyak oksigen.



Serangan Jantung

Mendengar kata "serangan jantung" bisa membuat kita merinding, tahu kenapa? Karena serangan jantung adalah salah satu penyakit mematikan di dunia. Nah serangan jantung ini dapat terjadi jika salah satu atau kedua sisi jantung tidak dapat memompakan cukup darah untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Adapun sebab-sebab lain dari serangan jantung adalah tekanan darah tinggi (hipertensi), koroner aterosklerosis (adanya timbunan lemak dalam saluran arteri koroner), dan penyakit jantung rematik.

Pasien gagal jantung sebelah kiri mengalami nafas pendek-pendek setelah beraktifitas, kesukaran bernafas saat berbaring, kejang sebab kurang nafas pada malam hari, dan tekanan terlalu tinggi dalam saluran vena paru-parunya. Pasien gagal jantung kanan mengalami tekanan darah tinggi dalam vena sistemik, pembengkakan hati, dan pengumpulan cairan di kaki. Sedangkan, pasien yang dua bilik jantungnya (kiri dan kanan) mengalami kegagalan memiliki jantung yang membesar dan berdenyut dengan irama berderap, berupa denyutan dengan tiga suara, bukan hanya dua.

Sekian sedikit ulasan tentang jantung manusia. Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Mengenal Jantung Manusia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel