Otot Dalam Tubuh Manusia dan Cara Kerjanya

otot
Otot-otot.  sumber: wikipedia
Tentang Otot

Tubuh manusia memiliki kurang lebih 639 buah otot, yang masing-masingnya terdiri dari sepuluh juta (10.000.000) sel otot. Setiap sel ini seperti mesin yang mengandung sepuluh silinder yang tersusun dalam satu baris. Silinder-silinder itu menyerupai kotak-kotak kecil yang mengandung cairan dan pada saat salah satu otot berkontraksi maka otak akan mengirimkan sebuah pesan kepada kotak-kotak kecil itu. Maka dalam hitungan per sekitan detik, cairan pada kotak-kotak kecil itu mengental kemudian mencair kembali. Proses inilah yang menyebabkan otot bergerak.

Saat salah satu otot dirangsang untuk bergerak, makan otot itu bereaksi dengan cepat dan hal ini dapat terjadi dalam waktu kurang dari seper sepuluh detik. Tetapi sebelum otot tadi memiliki waktu untuk menjadi renggang lagi, pesan lainnya akan datang. Otot itu berkontraksi secara terus-menerus. Semua kontraksi itu terjadi sangat cepat sehingga bersatu dalam satu rangkaian tindakan yang membuat otot melakukan gerakan lembut dan kontinu.

Ada dua (2) jenis otot yang utama : 1). Otot-otot rangka dan 2). Otot-otot halus. Otot jensi ketiga disebut otot jantung, yang memiliki sekaligus sifat-sifat dari kedua jenis otot tadi. Otot jantung hanya terdapat pada jantung.



Cara Kerja Otot

Otot-otot kita sebenarnya bekerja secara berpasangan. Sebuah otot hanya dapat menarik ke satu arah sehingga ia membutuhkan otot lainnya untuk dapat menarik ke arah yang berlawanan agar tulang dapat dikembalikan ke posisi awalnya. Jika kita mengangkat lengan kita, maka otot bisep memendek agar tulang dapat terangkat. Dan ketika kita meluruskan tangan kita kembali, maka otot trisep akan menariknya kembali, sehingga otot bisep yang telah digunakan itu dapat diistirahatkan sementara. Hal yang sama juga berlaku pada kaki kita saat berjalan atau berlai, atau kita menggerakkan jari-jari tangan dan kaki kita.

Ketika kita berolahraga, otot-otot kita akan berkontraksi dan menghasilkan sejenis asam yang biasa disebut sebagai asam laktik. Asam laktik ini bekerja layaknya racun. Efek asam laktik ini adalah membuat kita merasa letih, dengan cara membuat otot-otot tubuh kita menjadi lelah. Jika asam ini menghilang dari salah satu otot kita yang lelah, maka rasa lelah tadi akan menghilang dan dapat berfungsi kembali dengan baik.

Belum ada Komentar untuk "Otot Dalam Tubuh Manusia dan Cara Kerjanya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel